Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

Tidak ada komentar 152 views

Mamuju (Humas Kemenag). Menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 43 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2020 yang secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia bertema Santri Sehat, Indonesia kuat. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di halaman MTsN Mamuju dengan mengenakan pakaian ala santri. Memakai baju putih koko, sarung dan lengkap dengan peci/songkok. Kegiatan upacara dilaksanakan dengan rangkaian protokol kesehatan cegah Covid 19, dan mewajibkan peserta mengenakan masker. Kamis, (22/10).

Hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Barat Dr. H. Muflih BF., MM bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara HSN diikuti Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Dr. H. Syamsuhri Halim M.Pd, Kasubbag TU Drs. H. Fajrul Islam M.Si, Jajaran pejabat. Ketua DWP Kanwil Kemenag Prop. Sulbar Hj. Farhana Muflih bersama Ketua DWP Kankemenag kab. Mamuju Hj. TaBahira Syamsuhri. Ketua MUI kabupaten Mamuju KH. Namru Asdar, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Majelis Guru, ASN lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju dan para santri/siswa mengikuti upacara tersebut dengan khidmat dan semangat.

Menteri Agama Fachrul Rozi di dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan ka.Kanwil mengatakan Tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “RESOLUSI JIHAD” yang berisikan fatwa kewajiban.Berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan. Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki UU nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren.

Untuk peringatan HSN di tahun ini, masih Menag, mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia kini tengah dilanda pandemi global yakni Corona virus (Covid 19).

Usai pembacaan Pidato seragam bapak Menteri Agama Republik Indonesia, melalui Humas , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju Dr. H. Syamsuhri Halim menyampaikan pesan kepada para santri dan kepada ASN yang merupakan lulusan santri. Bahwa santri merupakan kontributor besar dalam penyebaran wacana keagamaan yang moderat di Indonesia. Dan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Hari santri ini merupakan momentum untuk mensyukuri nikmat Allah berupa status sebagai santri, pemikul risalah dakwah yg mulia, terhormat di dunia, bahagia di akhir”. Ujarnya

Untuk itu ia berharap agar para santri untuk tidak gagap teknologi di era serba digitalisasi seperti sekarang, semua lini kehidupan sudah menggunakan teknologi.  sehingga  kegiatan belajar dan mengaji, serta pengembangan wawasan, dapat terus dilakukan santri dalam kondisi apapun dan di manapun.

Upacara peringatan HSN ditutup pembacaan doa oleh Ketua MUI Kab. Mamuju yang juga sekaligus Penyuluh Madya Kankemenag Mamuju.  Kemudian dilanjutkan rangkaian acara hiburan dengan penampilan  dari siswa(i) Madrasah yang tampil melantunkan Lagu marawis.