TINGKATKAN TATA PERSURATAN YANG BENAR DALAM LINGKUP KEMENAG

Inmas (Mamuju), Pembinaan administrasi dan tata persuratan  digelar di 23 Agustus 2017, diikuti oleh masing masing peserta dari Kemenag Kab. Mamuju dan KUA dan Madrasah, sebagai upaya untuk diberi pemahaman kepada  ASN lingkup kemenag Mamuju, tentang pelayanan administrasi dan cara membuat naskah dinas yang baik, efektif dan professional dalam lingkungan Kementerian Agama, dan memberi pemahaman apa itu surat, jenis-jenis surat, mana surat yang memiliki konsekwensi hukum dan mana yang tidak. kegiatan ini dibuka oleh Ka. Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Barat H. Muhdin di dampingi oleh Ka. Kankemenag Mamuju H. Misbahuddin.
H. Muhdin, tata persuratan memiliki aturan, untuk itu sebelumnya harus dipahami, cara penulisan, pemakaian kode, penomorannya, penulisan nama, penempatan paraf dan tanda tangan serta stempelnya, ungkapnya, lanjut ia jelaskan tentang penggunaan “a.n kepala”, menurutnya hal ini dapat digunakan jika atasan tidak berada ditempat dan sebelumnya harus ada persetujuan dari atasan, agar atasan dapat mempertanggungjawabkan. tuturnya.
Kemudian ia juga mengingatkan agar pegawai lingkup kemenag mamuju memperhatikan tata persuratan yang benar, karena membuat surat ada aturan yang mengatur, bukan sesuai keinginan  sendiri, olehnya itu ASN harus mampu membuat surat secara profesional. kata orang nomor satu Kemenag Prov. Sulbar.
Sekaitan dengan ini Ka. Kankemenag Mamuju H. Misbahuddin, menyampaikan hal yang sama, bahwa menyusun surat memiliki manajemen, olehnya itu harus tau pokok permasahannya, kewenangannya, jenis surat, kwalifikasi surat, yang menandatangani surat, dan jelas yang ditujukan , ucapnya dengan jelas
Munculnya kendala dalam persuratan disebabkan dari diri sendiri dan kelompok, ia tidak mau mengikuti aturan tata persuratan yang ada, sehingga tata persuratan tidak mengalami perkembangan, olehnya itu ia menghimbau kapada ASN untuk melakukan pengembangan terkait dalam hal ini agar tercipta tata persuratan dan pengadministrasian  dalam lingkup kemenag Mamuju yang diharapkan, ungkap kepala kantor.
Kemenag Mamuju, 23/2017 (dr).