Raih Nilai 73.51, Auditor ZI Itjen Kemenag RI Apresiasi Spirit ZI DI Kemenag Mamuju

Mamuju (Inmas Kemenag) –. Wujudkan Zona Integritas (ZI),Ā  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju raih nilaiĀ  73, 51. hasil penilaian ekspose Tim Auditor ZI Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia pada penilaian pelaksanaan pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di ruang aula Kemenag Mamuju, Jumat (22/02).

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju, dalam hal ini diwakili kasubag TU H.Adhar mengucapkan rasa terima kasih kepada Tim Auditor ZI yang telah melakukan Audit terkait Zona Integritas secara objektif sesuaiĀ  prosedur dan teknis pemeriksaan yang telah ditentukan, ia juga menyampaikan permohonan maafnya bila selama 4 (empat) hari Tim Auditor ZI melakukan pemeriksaan / penilaian terdapat pelayanan kami yang kurang. Mengenai hasil yang telah dicapai dari Audit ZI , Ia berharapĀ  akan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja di Kemenag Mamuju sebagai pilot project wilayah Zona Integritas.

Selanjutnya, atas pencapaian nilai yang diraih ZI, kepada seluruh tim ZI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju serta seluruh ASN , ia tak lupa menyampaikan apresiasinya karena telah bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

” terima kasih atas kerja tim ZI dan seluruh ASN, prestasi ini membuktikan bahwa Kemenag Mamuju sudah melaksanakan amanahnya sebagai pilot project wilayah Zona Integritas” ungkap H, Adhar
Sementara itu, Ketua Tim auditor ZI Itjen Kemenag RI Fajar Harnanto dalam sambutannya memaparkan hasil penilaian secara keseluruhan meraih nilai 73.51, Ia menyatakan prestasi inj merupakan kerja bersama seluruh elemen di Kemenag Mamuju terlebih kepada tim ZI ,atas kerjanya telah menghabiskan tenaga, pikiran dan menguras otak.

 

Lebih lanjut, menurutnya angka yang telah diraih ini adalah angka nilai yang sudah sangat baik.ini membuktikan bahwa di Kemenag mamuju sudah menerapkan ZI WBK WBBM. Terkait pada poin yang terbilang kurang, yakni pada Divisi Penataan Tata Laksana terkait pada dokumen SOP yang telah disampaikan sebelumnya oleh rekannya, Ia menjelaskan SOP harus memiliki Peta proses bisnis sesuai ketentuan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 270 Tahun 2006.
Tabe, terima kasih atas waktunya telah mendampingi,membantu kami serta memberikan waktunya selama kami bertugas disini,Ā  semoga prestasi yang telah diraih Kemenag Mamuju dapat dipertahankan ditahun tahun berikutnya.”. tutur Fajar Harnanto mengakhiri sambutannyaĀ  mengucap kata tabe, slogan ciri khas gaya kearifan lokal di Kemenag Mamuju.

 

Sebelumnya, anggota tim ZI Itjen Kemenag RI Erfan.Ā  Menyampaikan penilaian di ZI di beberapa komponen penilaiannya. Menjelaskan dua indikator yang dinilai yakni indikator pengungkit dan indikator hasil. beberapa catatan penting yakni pada unsur indikator pengungkit yang perlu dibenahi adalah pada SOP yang belum dilengkapi dokumen peta proses bisnis sesuai ketentuan.

 

“Overall Terkait capaian nilai sudah sangat baik, kami sangat mengapreasi semangat tim ZI Kemenag Mamuju yang telah bekerja dengan baik dan juga atas kerjasamanya telah mendampingi kami, hingga kami bisa menyelesaikan tugasĀ  dengan baik. Ungkapnya.Ā  (Zly)