Pengukuran Kalibrasi Arah Kiblat Mesjid Darul Falah

Mamuju (Inmas Kemenag Mamuju), Penyelenggara Syariah Hj. Farhana, SE.,M.SI bersama staf ; Jasman, S.HI dan Fadhilah Rais, SE, melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi di mesjid Darul Falah lingkungan Baka Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju, Dalam rangka Pengukuran Kalibrasi Arah Kiblat. Rabu, (30/10).

Dilatarbelakangi masih terdapat Mesjid dan masyarakat awam yang masih kurang memahami arah kiblat dan berkembangnya pengertian di masyarakat bahwa arah kiblat menyangkut keyakinan hati atau urusan hati. Ini menjadi salah satu indikator Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju melalui Penyelenggara Syariah melaksanakan pengukuran Kalibrasi arah kiblat.

Penyelenggara Syariah Hj. Farhana, SE.,M.SI mengatakan pengukuran kalibrasi arah kiblat mesjid ini kami sudah agendakan di beberapa waktu lalu. Hal ini merupakan upaya Kementerian Agama guna memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menentukan arah kiblat, dengan menggunakan metode dan peralatan /instrument pengukuran modern.

Hasil pengukuran kalibrasi ini, lanjut Farhana, menurutnya bukan berarti harus menggeser ijtihad perkiraan arah kiblat sebelumnya. “ ini hanya berfungsi sebagai bahan informative kepada masyarakat untuk dijadikan perbandingan untuk dipertimbangkan”. Ungkap Hj. Farhana yang juga selaku ketua DWP Kanwil Kemenag Propinsi Sulawesi Barat.

Setelah kegiatan pengukuran kalibrasi arah kiblat di kecamatan Mamuju, nantinya masih ada 2 tempat di 2 kecamatan berbeda yang akan kami kunjungi sesuai jadwal yang sudah di agendakan. Olehnya selaku penyelenggara ia berharap “bagi masyarakat yang akan mendirikan mesjid atau yang ingin mengecek kembali arah kiblatnya, seyogyanya perlu berkoordinasi sebelumnya dengan kami, untuk akurasi arah kiblat mesjid”. pintanya. (Zl1)