MENYUKSESKAN STQ TINGKAT PROVINSI DIBUTUHKAN KOMITMEN

Inmas (Mamuju), Rapat koordinasi  STQ tingkat Provinsi, melakukan segala kesiapan akan pelaksanaan STQ bulan April 2017 dan berkomitmen bahwa peserta STQ harus berdomisili di wilayah provinsi Sulawesi barat, memiliki Nomor NIK dari kantor Catatan Sipil, usia peserta tidak melewati dari batasan  yang ditentukan untuk mengikuti  STQ tingkat Nasional,  tidak dibenarkan mengambil peserta diluar provinsi walaupun mereka berasal dari Sulbar tetapi ber NIK dari provinsi lain.
Pelaksanaan STQ dibutuhkan kesiapan yang matang dari para pengembang LPTQ  untuk mengutus pesertanya yang berhasil mendapatkan prestasi  STQ tingkat Kabupaten yang memenuhi syarat untuk mengikuti  ke tingkat Nasional, STQ tingkat Provinsi akan memverifikasi berkas peserta secara ketat, untuk menghindari adanya penyimpangan yang tidak sesuai dengan juknis. Karena pendaftaran STQ tingkat Nasional akan dilakukan secara online, STQ lebih mengedepankan kejujuran.
Rapat  koordinasi, dihadiri oleh Kabid Bimas Islam kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulbar Misbahuddin, Asisten 1, Kadis Sosial kantor gubernur Prov. Sulbar, Ka. Kankemenag Kabupaten dan Kabag Kesra pemerintah daerah, hari Rabu, 29/3/2017 di aula kantor Gubernur lantai 2.  
Kabid Bimas Islam , pelaksanaan STQ tingkat prov. Tidak hanya mengutamakan kesiapan peserta tetapi juga kesiapan mengikuti juknis, dan tidak mengharapkan adanya keributan saat pelaksana STQ, Ia juga menhimbau, untuk menghindari adanya pemalsuan data dan mengadopsi peserta dari luar, karena hal ini akan merusak eksistensi kemententerian Agama,  karena kita ini adalah mengurusi keagamaan, ucap Misbahuddin.
berdampingan dengan Kabag Kesra pemerintah daerah Kab. Mamuju, Ka. Kankemenag Mamuju H. Sufyan Mubarak menyampaikan, Mamuju telah melaksanakan STQ. Pada tanggal 13 s/d 16  Maret 2017, bupati bekomitmen “Qari dan qariah yang dapat juara  satu, akan dberikan hadiah Umrah, dan membangun LPTQ tiap desa akan dibantuan 65. 000,000 perdesa, untuk menghadapi STQ tingkat Provinsi Kab. Mamuju sudah melakukan persiapan dan siap mengikuti aturan yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat , Kementerian Agama dan Pemerintah daerah selalu berkoordinasi sekaitan pelaksanaan STQ baik mulai dari tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi, ungkap kepala kantor Kemenag Mamuju.
Hal yang sama disampaikan dari Kab. Majene, polewali Mandar, Mamasa,  dan Mamuju Utara telah melakukan kesiapan untuk ikut pada even berikutnya, dengan mengikuti segala aturan yang ada dan masing-masing dapat bantuan dari pemerintah daerah dengan hadiah beasiswa dan ada yang menghadiahkan umrah bagi qari dan qariah yang dapat juara, Kemenag Mamuju, 29/3/2017 (drm).