MENIKAH DI BALAI NIKAH MENJADI IDOLA CALON PASUTRI

MENIKAH DI BALAI NIKAH MENJADI IDOLA CALON PASUTRI

Selasa, 11 April 2017 – 06:51:59 WIB » Diposting oleh : » Hits : 218 » Bimas Islam

Inmas (Mamuju) dengan adanya Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2014 yang menggratiskan menikah dibalai nikah semakin diminati masyarakat, KUA Mamuju memiliki peristiwa nikah   mencapai 752 untuk tahun 2016 dan mulai Januari s/d Maret tahun 2017 sudah mencapai 77 peristiwa.
Pernikahan di Balai nikah (KUA) saat ini, telah menjadi idolah bagi calon pasangan suami istri (pasutri) dimana Prosesi Akad nikah jika di laksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) tanpa dipungut biaya (gratis). akad nikah yang dilangsungkan pada hari Kamis 5/4/2017 di KUA Mamuju, oleh salah satu pasangan Calon pengantin berasal dari  Dusun Batu Bira Karampuang yang dinikahkan oleh penghulu H. Kasman, menurutnya ‘ menikah di KUA sangat membantu karena tidak ada pungutan biaya (gratis), disamping itu lebih cepat pengurusannya dan cepat dapat buku nikah’. Tuturnya saat dimintai keterangan.
Opini masyarakat yang terbangun saat ini bahwa menikah di diluar balai nikah prosesnya lama jika dibanding dengan menikah di balai nikah prosesnya lebih efektif dan efesien. hal ini di luruskan oleh Kepala KUA MAMUJU Hasanuddin ‘Sesungguhnya prosedur mengurus surat nikah (administrasi pernikahan) di Balai nikah dan nikah diluar Balai nikah prosesenya sama, yang membedakan adalah biaya nikahnya, dan hal ini telah diatur oleh perundang-undangan yang berlaku’ Tegasnya.  (drm/z4l))