Adhar : Mengelola Anggaran Diperlukan Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi

Mamuju, (Inmas Kemenag Mamuju).– Kamis, 5 Desember 2019, Memasuki penghujung akhir tahun, Dalam rangka melakukan koordinasi sekaligus membahas rencana dan realisasi pelaksanaan anggaran. Subbagian Tata Usaha, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju menggelar kegiatan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran Semester II di ruang aula Kemenag Mamuju.

Dalam sambutannya Kasubbag TU H. Adhar S.Ag., M.Si saat membuka kegiatan, yang dalam hal ini mewakili Ka.kankemenag Kabupaten Mamuju. Ia mengungkapkan kegiatan ini adalah rapat evaluasi, hal ini dimaksudkan guna melihat bagaimana tingkat keberhasilan kita dalam melakukan pengelolaan keuangan/kegiatan. untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi kinerja program dan kegiatan berikutnya.

Lanjut, Menilik kembali program dan anggaran, serta rencana program sekaitan dengan pelaksanaan anggaran/realisasi di Kemenag Mamuju sampai pada hari ini. Usai menguraikan Adhar mengatakan sekaitan permasalahan yang terjadi di beberapa waktu lalu antara lain, pembayaran gaji penyuluh, lauk pauk guru dan lainnya. “Ini merupakan bukan kesalahan, ini adalah kebijakan realokasi anggaran” ungkapnya

Dikatakan Adhar, “pengelolaan Keuangan yang baik, perlu perencanaan, implementasi dan evaluasi,”, olehnya pihaknya meminta agar ASN bertekad, lebih optimal melakukan pengelolaan keuangan, untuk menjadi lebih baik nantinya di tahun 2020.

Ia menambahkan Sehubungan kegiatan rapat evaluasi, ini merupakan kegiatan kali terakhir menyangkut keuangan/anggaran. Untuk itu ia berharap, semoga pelaksanaan rapat evaluasi ini mampu memberikan kesimpulan dalam bentuk umpan balik sehingga mampu mengarahkan Kemenag Mamuju dalam pencapaian visi, misi Kementerian Agama.

Hadir sebagai Narasumber kegiatan yakni, Ka.Kanwil Kemenag Prop. Sulbar DR. H. Muflih BF MM, Ka.Kankemenag Mamuju DR. H. Syamsuhri Halim M.Pd (dalam hal ini diwakili Kasubbag TU) dan Kasubbag TU H. Adhar S.Ag.,M.Si.

Adapun Kegiatan diikuti sebanyak 30 peserta di lingkungan Kemenag Mamuju, yakni, para Kepala Seksi/penyelenggara, Kepala KUA kecamatan, Pengawas, Kepala Madrasah dan ASN pengelola Keuangan di Kemenag Mamuju.