DIRANGKAI MAULID NABI KEMENAG MAMUJU SUKSES GELAR SEMINAR REGIONAL

Mamuju (Inmas Mamuju), Memperingati Hari Amal Bakti ke-73 tahun 2019, Kantor kementerian Agama kabupaten Mamuju menggelar acara maulid dan seminar regional mengusung tema menjadi teladan dalam menata peradaban. Rabu 2 Januari 2019.Acara seminar yang diawali maulid nabi Muhammad SAW, sukses terlaksana bertempat di ballroom hotel maleo town square dengan menghadirkan prof. Dr. Azhar Arsyad sebagai keynote spaker. Dihadiri  plt Ka.kanwil Kemenag Prop. Sulawesi Barat H. Muflih Bachyt Fattah dan Wakil Bupati Mamuju Irwan Syahputra Pababari Wakil Bupati Mamuju.Dalam laporannya H. Fajrul Islam selaku ketua panitia pelaksana, mengatakan tujuan kegiatan ini sebagai upaya pengembangan kualitas SDM di jajaran kementerian Agama tingkat kabupaten, untuk meningkatkan motivasi sekaligus inspirasi baru dalam rangka meningkatkan wawasan keilmuan dan cakrawala pikir jajaran kementerian Agama Sulawesi Barat khususnya di Kemenag Mamuju.Sementara itu Ka.Kankemenag Mamuju H. Syamsuhri dalam sambutannya mengungkapkan, ide dari pelaksanaan kegiatan ini merupakan ide bersama di kemenag Mamuju.
Menurutnya, kegiatan ini merupakan momentum sebagai wadah untuk melakukan edukasi, peningkatan wawasan guna memperoleh inspirasi dan motivasi yang baru. ungkapnya
Mengutip perkataan Aristoteles “Educated the mind without educated the heart is not education at all”, dalam bahasa Indonesia mendidik otak/pikiran tanpa mendidik hati, tidak ada pendidikan sama sekali. terang prof. Dr. Azhar Arsyad, MA, saat membawakan materi di seminar regional yang berpesertakan 532 orang didampingi moderator H. Juraeri Tahir (Kasi PHU Kemenag Mamuju).
Prof. Dr Azhar Arsyad, MA mengemukakan apa yang diajarkan Aristoteles mengenai pengenalan diri, sesuai berdasarkan penemuan para ahli Amerika dalam buku The Hearts Code, menjelaskan  sumber pengetahuan iru adalah yang ada didalam dada, didalam dada inilah yang meneruskan ke otak.
Dirinya menambahkan, sama seperti yang Rasulullah SAW katakan, ketahuilah didalam dada kita ini ada segumpal mudghah (darah),kalau baik yang segumpal ini baiklah seluruh badan, kalau yang di hati baik, maka baiklah segalanya. “Demikian pentingnya hati, karena setinggi apapun ilmunya seseorang bila hatinya tidak baik, tidak akan berguna bagi dirinya”. tutup Mantan Direktur IMMIM.
Usai acara seminar yang diikuti 532 peserta dari seluruh elemen dilingkungan Kemenag Mamuju, dilanjutkan penyerahan doorprize dari sponsor berbagai bank, dan diserahkan langsung plt Ka.Kanwil Kemenag Sulbar H. Muflih dan Ka.Kankemenag Mamuju H. Syamsuhri. (ZL)