CIPTAKAN KELUARGA SAKINAH MELALUI BIMWIN

Tidak ada komentar 487 views

CIPTAKAN KELUARGA SAKINAH MELALUI BIMWIN

Selasa, 25 September 2018 – 22:34:10 WIB » Diposting oleh : Inmas » Hits : 86 » Sekjen

Inmas Mamuju, Bimwin (Bimbingan Perkawinan Pranikah) ke III dilaksanakan Kec. Kalukku 25/9/2018, dibuka secara resmi oleh Plh Ka. Kankemenag Mamuju H. Usman, menghadirkan peserta sebanyak 30 pasang dan 11 Pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan.
Bimwin adalah bimbingan pranikah bagi calon pengantin, sebelumnya dikenal sebagai suscatin, mereka yang sudah mengikuti Bimwin   tidak lagi disuscatin jika hendak menikah, karena Bimwin memberikan bagaimana membentuk rumah tangga yang sakinah mawaddah warahma yang diatur dalam undang-undang perkawinan dan syari’at islam, mereka juga dibekali ilmu kesehatan  dalam hidup berumah tangga agar terhindar dari penyakit. pembinaan pranikah adalah salah satu upaya untuk menanggulangi tingkat perceraian.
PLH Ka. Kankemenag Mamuju menjelaskan, Sebelum memasuki jenjang pernikahan diharapkan calon pengantin lebih dulu mempersiapkan diri secara matang,  agar dapat membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah warahmah, yaitu memiliki kesiapan untuk mempersatukan dua ujung yang berbeda dari aspek budaya dan karakter, serta kemampuan dalam memberikan nafkah lahir batin. ungkapnya.
Lanjut ia sampaikan bahwa” laki-laki yang ingin menikah harus mampu mengelilingi dapurnya sebanyak Tujuh kali, baru bisa menikah”. Ini bahasa orang tua dulu yang mengandung banyak makna, Yang tidak bisa dimaknai dengan  mengililingi dapur seperti orang tawaf.  tetapi yang dimaksud  adalah siap mental fisik dan materi dalam membangun rumah tangga. Kata H. Usman
Diakhir pesan, Untuk menjaga hubungan yang harmonis dalam hidup berumah tangga yang dirahmati Allah SWT, yaitu saling menutupi kekurangan atau aib  suami atau  istri, agar tidak  diketahui oleh orang lain, sebab aIbnya istri  adalah aibnya suami begitu pula sebaliknya,
Semoga dengan mengikuti Bimwin dapat menciptakan rumah tangga yang bahagia, rukun dan damai bagi calon penganti maupun yang sudah berumah tangga.( dear)