ALUMNI MADRASAH IBTIDAIYAH HARUS SUDAH BISA FASIH BACA,TULIS QURAN

ALUMNI MADRASAH IBTIDAIYAH HARUS SUDAH BISA FASIH BACA,TULIS QURAN

Minggu, 28 Januari 2018 – 12:04:52 WIB » Diposting oleh : » Hits : 146 » Sekjen

Inmas (Mamuju), Kamis 25 Januari 2018 di aula Kantor kementerian Agama Kabupaten Mamuju, Seksi Pendidikan Madarasah mengadakan rapat Koordinasi Penuntasan Baca Al Qur’an Madrasah Ibtidaiyah yang dihadiri  seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah lingkup Kemenag Mamuju.
Sebagai Bahan laporan kuantitas Madrasah, diawal rapat ini Adhar Kasi Madrasah jelaskan kepada Kepala Kantor jumlah Madrasah lingkup Kementerian Agama Kabupaten Mamuju yakni; MI berjumlah 21, MTs sebanyak 38 dan MA sejumlah 23.
Pimpin rapat, H. Syamsuhri Ka.Kankemenag Mamuju didampingi Adhar Kasi Pendidikan Madrasah memaparkan tahapan perkembangan sejarah Madrasah, bahwa Awal mulanya madrasah yakni lahir dari serambi, kemudian ke mesjid, lalu menjadi pondok pesantren, dan berakhir menjadi Madrasah.
Lanjut beliau paparkan, Seiring perkembangan waktu juga sistem dengan adanya perundang-undangan, melahirkan  K-13 yang membuat definisi madrasah dalam Undang-undang adalah sekolah umum berciri khas agama.  Hal inilah yang menjadikan porsi  pendidikan Agama di Madrasah cenderung ke pendidikan umum.
Olehnya itu, Ka.kankemenag di akhir sambutannya berharap, “agar  supaya siswa-siswa madrasah kembali memiliki dasar-dasar pengetahuan agama terutama yang berkaitan dengan penuntasan baca tulis Qur’an guna melahirkan alumni-alumni fasih baca tulis Qur’an”. tegas H.  Syamsuhri.